More Info

LivE Indonesia ID

LivE Indonesia adalah rumah komunitas penyedia pengelolaan informasi dan pengetahuan untuk pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan secara berkelanjutan.


Kami juga menampung siapa pun yang hendak berbagi informasi dan pengetahuan ke ruang Live Indonesia ID. Akses ini bisa dikirimkan ke redaksi LivE Knowledge di liveknowledge@hotmail.com


Kunjungi FB Page LivE di @liveknowledgeID atau jejaring Twitter di @knowledge_live
More Info

Lois Gibbs memimpin perjuangan evakuasi dan relokasi 800 keluarga di sekitar Air Terjun Niagara, New York setelah menemukan berton-ton material limbah kimia yang dikubur di dekat Love Canal.

Lois Gibbs, pendiri dan Direktur Eksekutif Center for Health, Environment and Justice (CHEJ), telah berada di garis depan gerakan lingkungan hidup di Amerika Serikat selama beberapa dekade. Pada tahun 1978, Lois Gibss, seorang istri dengan dua orang anak, merasa prihatin atas laporan tentang limbah kimia di sekitar Air Terjun Niagara, New York.

Dia memikirkan apakah masalah kesehatan anak-anak yang tidak biasa dan orang-orang di sekitarnya karena terpapar akibat kebocoran limbah kimiawi. Lois Gibbs kemudian menemukan bahwa lingkungannya berada di atas kuburan 21 ton limbah kimiawi, yang sekarang dikenal dengan Love Canal (Kanal Cinta).

Baca  Medha Patkar, Memimpin Perlawanan Pembangunan Bendungan yang Menggusur Masyarakat Adat

Tanpa pengalaman dalam pengorganisasian masyarakat, Lois Gibbs mengorganisir masyarakat dan membentuk Love Canal Homeowners Association. Setelah bertahun-tahun berjuang, lebih dari 800 keluarga dievakuasi, dan pembersihan Love Canal dimulai. Usahanya juga berhasil mendorong pembentukan U.S. Environmental Protection Agency’s “Superfund,” untuk memindahkan dan membersihkan tempat-tempat beracun di seluruh Amerika Serikat.

Setelah perjuangannya sukses, Lois Gibbs menerima lebih dari 3.000 surat dari seluruh negara, meminta informasi mengenai bagaiman mereka bisa menyelesaikan masalah limbah beracun di daerah mereka. Merespon permintaan tersebut, Lois Gibbs membentuk Citizens Clearinghouse for Hazardous Waste pada tahun 1980 (kemudian berubah nama menjadi Center for Health, Environment and Justice).

CHEJ adalah pusat krisis lingkungan hidup akar rumput yang menyediakan informasi, sumberdaya, bantuan teknis dan pelatihan untuk ribuan kelompok masyarakat di seluruh dunia. CHEJ berupaya membentuk organisasi lokal yang kuat untuk melindungi masyarakat dari paparan limbah berbahaya. Lois Gibbs secara ekstensif bekerja bersama komunitas dan memperkuat gerakan keadilan lingkungan hidup.

Salah satu komponen utama kerja CHEJ adalah menghubungkan pemimpin lokal dengan menyediakan sebuah forum untuk menciptakan strategi kolaboratif, aliansi dan koalisi untuk menemukan tujuan yang sama. CHEJ juga mengkoordinasikan kampanye fokus isu tingkat nasional dan regional untuk membawa kekuatan kolektif akar rumput dalam proses pembuatan keputusan pemerintah dan perusahaan.

 

Lois Gibbs meraih Goldman Enviromental Prize pada tahun 1990.

Baca  Colleen McCrory, Memimpin Perlindungan Sisa Hutan Hujan Tropis

Live Knowledge telah mendapatkan izin untuk mempublikasikan artikel ini dari Goldman Enviromental Foundation.