More Info

LivE Indonesia ID

LivE Indonesia adalah rumah komunitas penyedia pengelolaan informasi dan pengetahuan untuk pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan secara berkelanjutan.


Kami juga menampung siapa pun yang hendak berbagi informasi dan pengetahuan ke ruang Live Indonesia ID. Akses ini bisa dikirimkan ke redaksi LivE Knowledge di liveknowledge@hotmail.com


Kunjungi FB Page LivE di @liveknowledgeID atau jejaring Twitter di @knowledge_live
More Info

Janet Gibson mempelopori pendirian Hol Chan Marine Reserve, cagar alam laut pertama di Amerika Tengah, untuk melindungi terumbu karang pelindung Belize, salah satu ekosistem terumbu karang terbesar di dunia.

Garis pantai Belize memiliki sistem pelindung terumbu karang terbesar kedua di dunia dan salah satu ekosistem bumi yang paling beragam dan spektakuler. Terumbu karang sepanjang 175 mil – rumah padang rumput laut yang berlimpah ruah, terumbu karang yang luas dan kehidupan laut produktif – adalah legendaris bagi kalangan ahli biologi kelautan, satu dari tujuh keajaiban bawah laut dunia.

Pada pertengahan 1980-an, tekanan pembangunan seperti operasi pengerukan, pembuangan kotoran, penangkapan ikan secara berlebihan dan pariwisata mengancam ekosistem laut. Ahli biologi dan zoologi Belize, Janet Gibson, bekerja sebagai relawan untuk Belize Audubon Society, melihat perlunya cagar alam laut.

Baca  Margaret Jacobsohn, Pelopori Model Konservasi Satwa Liar

Dari tahun 1985 sampai tahun 1987, Janet Gibson mengampanyekan pembentukan Hol Chan Marine Reserve (Mayan for “Little Channel”), berjalan ke seluruh Belize untuk meyakinkan para nelayan, pengusaha dan pejabat pemerintah tentang pentingnya cagar alam. Janet Gibson membuat rencana pengelolaan Hol Chan, membantu kepastian dukungan keuangan dan warga, dan berperan penting dalam setiap tahapan perkembangan cagar alam.

Hari ini, Hol Chan melindungi lima mil persegi sumberdaya laut yang vital di sistem pesisir laut Belize. Nelayan mengakui peningkatan keberlimpahan ikan komersial di sekitar cagar alam dan perkembangan industri pariwisata menikmati pemasaran daya tarik lingkungan terumbu karang.

Kemampuan Janet Gibson mengenalkan konsep dan praktik perencanaan strategis jangka panjang membantu pelestarian ekosistem laut lainnya di Belize. Gibson juga berperan penting membentuk pulau karang Glover Reff sebagai cagar alam laut, dan mengembangkan dan menguatkan program Manajemen Zona Kelautan Belize Terpadu, yang berusaha memastikan keberlanjutan pemanfaatan sumberdaya laut dan pelestarian keanekaragaman hayati yang luar biasa.

 

Janet Gibson meraih Goldman Enviromental Prize pada tahun 1990.

Live Knowledge telah mendapatkan izin untuk mempublikasikan artikel ini dari Goldman Enviromental Foundation.