More Info

LivE Indonesia ID

LivE Indonesia adalah media pengelolaan informasi dan pengetahuan untuk pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan secara berkelanjutan.


Kami menampung siapa pun yang hendak berbagi informasi dan pengetahuan. Akses ini bisa dikirimkan ke redaksi LivE Knowledge di liveknowledge@hotmail.com


Kunjungi FB Page LivE di @liveknowledgeID atau jejaring Twitter di @knowledge_live
More Info

Setelah tertunda akibat musim kemarau panjang, KPPL Maju Bersama Desa Pal VIII mulai menyalurkan sebagian bibit Nangka, Alpukat dan Jengkol kepada perempuan Desa PAL VIII untuk disedekahkan kepada bumi pada Minggu (13/10/19). Secara simbolis, bibit yang diproduksi oleh KPPL Maju Bersama secara swadaya itu telah disalurkan kepada perwakilan dua kelompok majelis taklim di Desa Pal VIII saat pelaksanaan tradisi “Sedekah Bumi” pada 1 September 2019.

Selain untuk memperkuat kearifan lokal “Sedekah Bumi” yang dilakukan setiap bulan Muharram, Sedekah Pohon kepada Bumi juga merupakan upaya KPPL Maju Bersama dalam mendorong perempuan desa mengembangkan agroforestri di lahan kebun kopi dan perkarangan rumah sebagai bagian dari perjuangan hak perempuan atas lahan, pohon, pangan dan kesehatan, serta untuk membangun ketangguhan perubahan iklim dan ketahanan pangan.

Baca  Memanfaatkan Tumbuhan di Hutan Warisan Dunia untuk Masa Nifas

Inisiatif KPPL Maju Bersama ber-Sedekah Pohon kepada Bumi pertama kali dimulai pada tahun 2018 dan direncanakan akan terus dilakukan pada tahun selanjutnya.

Foto: Dokumen KPPL Maju Bersama

Ketua KPPL Maju Bersama Desa Pal VIII Rita Wati meminta penerima bibit untuk menuliskan identitasnya di buku.

Calon penerima bibit memilih bibit yang diminati

 

Pengurus dan anggota KPPL Maju Bersama Desa Pal VIII menyerahkan bibit