More Info

LivE Indonesia ID

LivE Indonesia adalah media pengelolaan informasi dan pengetahuan untuk pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan secara berkelanjutan.


Kamimenampung siapa pun yang hendak berbagi informasi dan pengetahuan. Akses ini bisa dikirimkan ke redaksi LivE Knowledge di liveknowledge@hotmail.com


Kunjungi FB Page LivE di @liveknowledgeID atau jejaring Twitter di @knowledge_live
More Info

Mengintegrasikan budidaya lebah madu dan agroforestri berbasis kopi menjadi salah satu kegiatan pemberdayaan perempuan di Desa Pal VIII, salah satu desa di Kabupaten Rejang Lebong yang bersentuhan langsung dengan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang ditetapkan sebagai ASEAN Heritage Park (Warisan Alam ASEAN) dan menjadi bagian dari Tropical Rainforest Heritage of Sumatra atau World Heritage Sites (Warisan Dunia). Inisiatif ini dilakukan sebagai bagian membangun ketangguhan perubahan iklim, ketahanan pangan, meningkatkan produksi pertanian/perkebunan, melestarikan TNKS dan meningkatkan kesejahteraan perempuan. Lihat video panen perdana..

 

Perempuan dan Laki-laki membuat kotak lebah madu di Balai Desa Pal VIII, Rejang Lebong.

 

Baca  Belajar Kearifan Melestarikan Harimau Sumatera di Desa Ladang Palembang

 

Perempuan dan laki-laki membuat kotak lebah madu di Balai Desa Pal VIII, Rejang Lebong.

 

Perempuan dan laki-laki praktek mencari ratu lebah dan memecah koloni lebah di Desa Pal VIII, Rejang Lebong

 

Panen perdana dari salah satu kotak lebah madu milik Ketua Kelompok “Lebah Madu” Desa Pal VIII, Sumbonot. Koordinator Bidang Perempuan LivE Pitri Wulansari membantu pemanenan.

 

Ketua Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan (KPPL) Maju Bersama Desa Pal VIII Rita Wati dan Ketua KPPL Tebat Tenong Luar Desa Tebat Tenong Luar Eva Susanti belajar mengolah hasil panen.

 

Pengurus Komunitas Perempuan Penyelamat Situs Warisan Dunia (KPPSWD) Intan Yones Astika, Tantri Maya Sari dan Meylinda mendokumentasikan hasil panen.

 

Kepala Desa Pal VIII Prisnawati merasa bangga dengan hasil panen perdana madu, dan berencana akan menjadikan madu sebagai produk unggulan desa.