More Info

LivE Indonesia ID

LivE Indonesia adalah rumah komunitas penyedia pengelolaan informasi dan pengetahuan untuk pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan secara berkelanjutan.


Kami juga menampung siapa pun yang hendak berbagi informasi dan pengetahuan ke ruang Live Indonesia ID. Akses ini bisa dikirimkan ke redaksi LivE Knowledge di liveknowledge@hotmail.com


Kunjungi FB Page LivE di @liveknowledgeID atau jejaring Twitter di @knowledge_live
More Info

JoAnn Tall membantu menghentikan uji coba senjata nuklir di Black Hills Dakota Utara dan juga berupaya mencegah tempat pembuangan sampah berbahaya berada di Pine Ridge dan Rosebud Reservations.

JoAnn Tall milik suku Oglala Lakota di Pine Ridge Reservation South Dakota, yang terletak di salah satu negara termiskin. Sebagai ibu dari delapan anak yang menderita radang sendi rematik, Tall telah mengatasi hambatan berat untuk memperbaiki kondisi orang Lakota dan melestarikan tanah suci mereka.

Dipandu oleh impian kenabian dan pengalaman spiritualnya, Tall memulai sebuah sejarah aktivisme lingkungan melalui peningkatan kesadaran tentang bahaya kesehatan pertambangan uranium lokal dan bahaya yang ada di situs pengujian senjata nuklir Honeywell yang diusulkan. Dengan menggunakan stasiun radio Indian milik dan dioperasi olehnya, dia memberi tahu orang-orang Lakota tentang penodaan terhadap keramat Black Hills. Setelah dia mendirikan sebuah kamp perlawanan dan sebuah pondok keringat di tempat uji coba yang diusulkan, Honeywell meninggalkan rencananya.

Baca  Menangis Karena Khawatir Situs Warisan Dunia Alami Kehancuran

Tall kemudian turut mendirikan Native Resource Coalition, yang didedikasikan untuk penelitian dan edukasi untuk orang-orang Lakota mengenai isu-isu tanah, kesehatan dan lingkungan. Ketika Perusahaan AMCOR menghubungi dewan kesukuan untuk menemukan tempat penimbunan 5.000 acre dan insinerator pada reservasi, Tall dengan keras menentang dan mulai berbicara menentang proyek tersebut. Ketika Tall mengetahui bahwa suku-suku di seluruh negeri telah didekati, dia semakib bertekad untuk menghentikan proyek tersebut.

Upaya pengorganisasian Tall akhirnya terbayar. Tekanan dari anggota suku akhirnya meyakinkan dewan kesukuan untuk menolak usulan AMCOR – walaupun dewan tersebut awalnya menolak keberatan Tall. Kemudian, sebuah perusahaan terkait mendekati Rosebud Reservation sebelah dengan tawaran yang sama. Tall juga membantu orang-orang Rosebud menghentikan proyek tersebut. Kemenangan ini telah mempengaruhi reservasi lainnya di seluruh negeri untuk melawan pembuangan limbah yang diusulkan.

Tall bertugas sebagai Dewan Direktur Seventh Generation Fund. Dia semakin berperan sebagai tetua, bertindak sebagai penasihat dan pendidik. Dia berfokus untuk memberikan bimbingan spiritual kepada kaum muda sambil terus menginspirasi penduduk pribumi dan non-pribumi di seluruh dunia untuk melindungi lingkungan.

JoAnn Tall meraih Goldman Enviromental Prize pada tahun 1993.

Live Knowledge telah mendapatkan izin untuk mempublikasikan artikel ini dari Goldman Enviromental Foundation.